Dapatkan pengajuan KUR BNI Syariah online di 2021
Persyaratan gaji - Usaha berjalan min 6 bulan
Besaran bunga - Dari 3% / bulan
Umur anda - Berusia 21 tahun

Tingkatkan UMKM dengan KUR BNI

 

Agar lebih produktif dan semakin tumbuh berkembang menjadi masyarakat yang mandiri, usaha rakyat sudah sepatutnya didukung oleh negara. Usaha yang dilakukan rakyat, baik itu usaha mikro, usaha kecil, hingga menengah sangat penting keberadaannya sebagai penopang ekonomi negara. Dengan membuka usaha sendiri, rakyat bisa memiliki sumber pendapatan mandiri dan bahkan bisa membuka peluang kerja bagi orang lain. 

Untuk mendukung hal ini, pada tanggal 5 November 2007 pemerintah resmi meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang ditujukan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK). Kredit ini disalurkan pemerintah melalui PT Askrindo dan Perum Sarana Pengembangan Usaha. Agar lebih mudah menjangkau masyarakat luas, maka pemerintah menjalin kerja sama dengan beberapa bank di Indonesia. 

Salah satu programnya bisa Anda dapatkan dari KUR BNI. Sebagai salah satu bank yang memiliki nasabah terbanyak di Indonesia, BNI juga berusaha membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Kredit Usaha Rakyat BNI.

Kuota KUR BNI Terkini

Ada kabar baik dari pemerintah di awal tahun 2021 ini yang berkaitan dengan KUR. Plafon penyaluran dana KUR tahun 2021 bertambah sebanyak Rp 33 triliun. Dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 220 triliun, kini menjadi Rp 253 triliun. Ini tentu juga berpengaruh pada kuota Kredit Usaha Rakyat bank BNI. Di tahun sebelumnya, KUR BNI mendapat kuota sebesar Rp 21.3 triliun. 

Di tahun 2021, kuotanya bertambah Rp 10 triliun, menjadi Rp 32 triliun. Dengan begitu, ada lebih banyak pengusaha UMKM yang bisa memanfaatkan program KUR yang disediakan oleh BNI. Lalu bagaimana caranya mendapatkan bantuan dana KUR BNI?

Syarat Mengajukan KUR BNI

KUR BNI ditujukan bagi pelaku usaha produktif terutama dari sektor usaha pertanian, perikanan, pengolahan, perdagangan, dan jasa yang telah diatur oleh pemerintah dalam kaitannya dengan usaha mikro. Beberapa persyaratan umum untuk mengajukan KUR BNI adalah WNI yang telah menjalankan usaha selama minimal 6 bulan. 

Jika pemohon merupakan perorangan, maka dokumen yang harus disiapkan adalah fotokopi KTP elektronik dan Kartu Keluarga, fotokopi Surat Nikah (khusus bagi yang sudah menikah), Surat Izin Usaha atau surat keterangan usaha dari kelurahan/ kecamatan, fotokopi dokumen jaminan (untuk kredit di atas Rp 25 juta), NPWP (untuk kredit di atas Rp 50 juta). 

Sementara itu, jika pemohon merupakan Badan Usaha, maka dokumen yang harus disiapkan sama saja dengan perorangan, hanya saja tidak membutuhkan Surat Nikah. Dokumen jaminan untuk kredit di atas Rp 25 juta bentuknya bisa berupa bukti kepemilikan tanah seperti IMB dan PBB, atau BPKB kendaraan bermotor. 

Cara Mengajukan KUR BNI

Saat ini pada dasarnya ada 2 cara untuk mengajukan KUR BNI. Cara pertama adalah konvensional, dengan langsung mendatangi kantor cabang BNI terdekat. Jangan lupa bawa serta semua dokumen yang dibutuhkan, agar Anda bisa langsung melakukan konsultasi dan proses pengajuan secara langsung. Semakin cepat diproses dan diverifikasi, tentu akan semakin baik bagi usaha Anda. Lalu cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan pendaftaran KUR BNI online. Cara mengakses BNI KUR online adalah dengan menuju ke laman resmi BNI, di sana akan ada halaman khusus untuk KUR dan formulir elektronik yang harus diisi untuk pendaftar. Nasabah tinggal mengikuti langkah-langkahnya yang sudah dijelaskan dengan baik di laman BNI. Pengajuan KUR BNI online sangat mudah dilakukan, nasabah pun bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya melalui program ini. 

Keunggulan KUR BNI

Kenapa harus memilih KUR BNI? Karena BNI menawarkan beberapa keunggulan. Di antaranya adalah fasilitas kredit hingga Rp 500 juta, persyaratan yang diajukan mudah, proses pengajuan, verifikasi, persetujuan, hingga pencairan dana pun berlangsung relatif cepat. Selain itu, nasabah akan mendapat suku bunga kompetitif yang tidak memberatkan. 

Jangka waktu pengembaliannya cukup panjang, yaitu hingga 5 tahun. Bagi yang menginginkan program KUR dengan prinsip syariah, bisa juga memilih KUR BNI Syariah. Adanya program KUR BNI membuat pelaku UMKM di Indonesia semakin semangat dan termotivasi untuk mengembangkan usaha mereka!