Cara pengajuan kredit usaha rakyat BCA online tanpa jaminan di 2021
Persyaratan gaji - Batas minimum usaha berjalan 6 bulan
Besaran bunga - Bunga mulai dari 1.59% per bulan
Umur anda - Min usia 21 thn

Ketahui Serba-Serbi KUR BCA Agar Proses Pengajuan Semakin Mudah

 

KUR BCA adalah salah satu program kredit andalan dari BCA yang memudahkan para pegiat UMKM untuk mendapatkan pinjaman dana guna memerluas usahanya. Bekerjasama dengan pemerintah sebagai pihak penjamin atau penyedia agunan, KUR BCA online secara umum menghadirkan dua jenis kredit usaha rakyat BCA yang dapat dimanfaatkan, yaitu KUR BCA dan KUR BCA Plus. Perbedaan mendasar dari kedua jenis kredit usaha ini terletak pada nominal atau plafon kreditnya dimana KUR BCA reguler memberikan pinjaman mulai dari 5 juta Rupiah hingga 100 juta Rupiah, sedangkan KUR BCA Plus menyediakan plafon mulai 50 juta sampai 500 juta Rupiah. 

KUR BCA tanpa jaminan tersebut diperuntukkan untuk kelompok bisnis yang berbeda. Misalnya saja sebagai pengusaha mikro, Anda berkesempatan mengajukan KUR BCA reguler. Namun jika Anda mengelola bisnis retail, KUR BCA Plus menjadi satu pilihan menarik yang patut dipertimbangkan. Tertarik untuk mengajukan kredit ke BCA? Simak informasi umum seputar pinjaman KUR BCA berikut.

Syarat Pengajuan KUR BCA

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kredit usaha rakyat BCA terbagi dalam dua kelompok, yang ternyata memberikan syarat yang berbeda untuk pengajuannya. Bagi Anda yang ingin mengajukan KUR super mikro dengan tenor 5 juta hingga 100 juta Rupiah, berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Pengusaha merupakan WNI dan memiliki KTP dan KK
  • Usia minimal pengusaha saat mengajukan ialah 21 tahun dan maksimal pelunasan 60 tahun
  • Memiliki usaha yang aktif minimal enam bulan.
  • Memiliki surat izin usaha.
  • Memiliki proposal atau laporan keuangan usaha.
  • Memiliki NPWP apabila mengajukan pinjaman di atas Rp50.000.000
  • Tidak sedang menerima kredit yang sama dari Bank lain
  • Riwayat kredit lancar dari Bank Indonesia.
  • Tidak di-blacklist Bank Indonesia.

Lain halnya bila Anda berniat mengajukan kredit KUR BCA Plus, persyaratannya akan sedikit berbeda mengingat sasarn usaha pinjaman ini adalah bisnis retail yang skalanya jelas lebih besar daripada industry mikro. Berikut adalah beberapa persyaratannya:

  • Pemohon merupakan individu atau bisa juga pemilik usaha berbadan hukum yang sah
  • Pengusaha berusia minimal 21 tahun dan maksimal adalah 55 tahun
  • Pengusaha produktif khususnya dalam usaha ritel yang mendapatkan KUR yang sesuai dengan ketentuan dari pemerintah
  • Usaha minimal sudah berjalan 6 bulan secara kontinyu
  • Fotocopy KTP/SIM
  • Fotocopy Kartu keluarga
  • Fotocopy buku rekening tabungan
  • Menyertakan dokumen asli aset berharga sebagai agunannya seperti sertifikat rumah, tanah, kebun atau BPKB
  • Mengisi formulir pengajuan KUR BCA Plus yang telah disediakan.

Seluruh persyaratan kredit yang ditetapkan ini sebenarnya berdasarkan aturan pemerintah mengenai KUR sehingga sudah pasti bisa dipenuhi asalkan Anda memersiapkan semua kelengkapannya sejak jauh-jauh hari. Jika benar-benar ingin mendapatkan bantuan usaha tersebut, Anda harus memastikan tidak ada persyaratan ataupun dokumen yang tertinggal supaya proses verifikasi dan persetujuan berjalan lancar.

Cara Pengajuan KUR BCA

Setelah melengkapi semua persyaratannya, kini saatnya Anda mengajukan pinjaman modal usaha BCA. Kendati banyak penyedia dana KUR yang memberikan fasilitas pendaftaran online, BCA rupanya masih berpegang para cara konvensional dimana calon nasabah perlu datang ke kantor cabang. Hal ini dimaksudkan supaya pihak bank bertemu langsung dengan peminjam sehingga bisa menaksir kemampuan bayar dan hal lainnya secara lebih akurat. 

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat pengajuan kredit adalah dengan mengisi formulir kredit yang disediakan di kantor cabang BCA. Selanjutnya, sertakan semua dokumen yang diminta dalam persyaratan tanpa ada yang tertinggal. Setelah semua dokumen diberikan dan pengisian formulir dilakukan, maka verifikasi data oleh pihak bank akan menjadi langkah berikutnya. 

Proses ini mungkin memakan waktu beberapa hari jadi sabarlah menunggu. Tahap yang terakhir adalah akad kredit ketika pengajuan pinjaman disetujui. Baca semua ketentuan dan peraturan debitur dengan seksama, termasuk tentang tanggal jatuh tempo dan besaran angsuran yang harus dibayarkan. Dengan demikian, Anda tinggal menunggu dana pinjaman masuk ke rekening. 

Program pemberian kredit usaha rakyat tahun 2021 bukan hanya lebih mudah, namun juga lebih ringan angsurannya karena bunga yang diberikan sesuai dengan standar pemerintah. Jadi, jangan ragu untuk mengajukan KUR agar usaha bisa lebih berkembang.